Mengukur Keterlaksanaan Pembelajaran SAVI
Kita harus mengukur diri kita, bisa meminta tolong teman, kepala sekolah, atau bahkan siswa dan diri sendiri yang hasilnya akan kita gunakan untuk merefleksi diri sendiri tentang kemampuan melaksanakan pembelajaran SAVI dan perbaikan pembelajaran SAVI berikutnya (dalam PTK rencana terevisi atau rencana untuk siklus 2).
Bagaimana caranya? Sederhana saja! Skenario tindakan itu kita tanyakan kepada observer atau kita sendiri sudah kita laksanakan atau belum? Misalnya dalam bentuk daftar cek (Chek lists).
Daftar cek seyogyanya disusun secara sederhana dan mudah agar kita secara cepat mendapatkan masukan dan tidak memerlukan perdebatan, misalnya: daftar cek yang meminta respon “Ya” dan “Tidak”, namun beri peluang observer memberikan masukan secara kualitatif dalam kolom keterangan. Sebagai tambahan, daftar cek sebaiknya tidak hanya pertanyaan yang positif tetapi juga negative sehingga observer tidak mengiksi secara otomatis yang berakibat masukan kepada kita menjadi tidak bermakna.
Contoh kecil:
NO | PERTANYAAN | YA | TDK | KETERANGAN |
| SOMATIS Guru mendorong siswa | | | |
1 | Bergerak secara fisik sewaktu berinteraksi belajar di kelas | | | |
2 | Gerak fisik siswa terbatas di kursinya saja | | | |
3 | meraba untuk membedakan permukaan benda | | | |
4 | beraktivitas fisik sampai ke luar kelas | | | |
5 | Mencari mencari sesuai di rumah (untuk PR) | | | |
| AUDITORI… Guru mendorong siswa | | | |
6 | Bercerita | | | |
7 | Menyampaikan melalui oral | | | |
8 | Berdialog dengan teman sebanku | | | |
9 | Berdialog dengan guru | | | |
10 | Berdialog dengan orang tua | | | |
11 | Berdialog dengan orang lain | | | |
12 | Berdialog dengan kakak | | | |
13 | Membaca keras | | | |
14 | Mendengar cerita dari teman | | | |
15 | Berbicara dengan diri sendiri | | | |
16 | Mengucapkan bunyi yang diingat | | | |
17 | Mendengarkan kaset | | | |
18 | Mengulang suara sendiri | | | |
| VISUAL Guru mendorong siswa | | | |
19 | Mengamati lingkungan dalam kelas | | | |
20 | Mengamati lingkungan sekolah | | | |
21 | Menggambarkan apa yang dilihatnya | | | |
22 | Mengambarkan alur proses kerja sesuatu | | | |
23 | Mengamati untuk membedakan | | | |
24 | Mengamati untuk menyimpulkan | | | |
25 | Mencatat hasi pengamatan | | | |
26 | INTELEKTUAL Guru mendorong siswa… | | | |
27 | Merenungkan sesuatu | | | |
28 | membuat | | | |
29 | Memecahkan masalah | | | |
30 | Mengartikan | | | |
31 | Memaknakan | | | |
31 | Menganalisis bagian-bagian | | | |
32 | Menyimpulkan | | | |
33 | Mengkontraskan dua hal | | | |
34 | Mencari persamaan | | | |
35 | Menilai | | | |
36 | Merangkai | | | |
37 | mencocokkan | | | |
38 | mengurutkan | | | |
Butir pertanyaan hanyalah contoh yang dapat dikembangkan dan dirincikan lagi. Butir-butir pertanyaan dapat diperjelas dengan memberikan penjelasan di kolom keterangan.
Butir-butir pertanyaan tersebut berupa upaya kita/guru memeriksa tingkat kemampuan kita melaksanakan pembelajaran SAVI dan kita belum dalam konteks mengukur hasil belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI.
Sebarapa tingkat keberhasilan pelaksanaan pendekatan pembelajaran SAVI tergantung berapa prosentasi atau frekuensi keterlaksanaan butir-butir dalam daftar cek sebagai indicator keterlaksanaan pembelajaran SAVI. Semakin banyak dictum terisi ya, maka semakin tinggi tingkat keterlaksanaannya. Namun perlu dicatat agar pengisian daftar cek dilakukan seotentik mungkin sehingga memberikan informasi yang dapat dipercaya!